Rutinitas pagi....

Friday, January 08, 2016

January 2016 sudah berada di hari ke 8, begitu cepat nya waktu berlalu. Dan di setiap penghujung tahun akan ada berpuluh atau bahkan lebih ucapan selamat tahun baru dan doa semoga sukses di tahun yg baru, lebih bersemangat menghadapi tahun ini dll dll.
Menjaga diri untuk tetap  bersemangat perlu energi besar . Semoga bukan di awal tahun saja semangat nya membara kemudian meredup :).

Btw,  apakah rutinitas pagi hari para ibu , moms , bunda , unda setiap pagi harinya untuk mengawali hari. Dan pernahkah  kalian mendengar nenek kita , atau teman yg mengatakan : "jangan makan buah sebelum makan ", "jangan minum jus di pagi hari sebelum makan " nanti sakit perut. Kalimat itu melekat sampai saya berumah tangga, walau sebetulnya saya sendiri tdk yakin. Sampai pada akhirnya Ibu  yg seorang penderita diabetes menganjurkan saya untuk rutin minum jus buah setiap pagi, atau makan buah setiap pagi sebelum makan. Ternyata minum jus buah sebelum makan atau makan buah sebelum makan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Statement terakhir itu sangat umum sekali ya , bisa di googling :).

 

Kebanyakan buah memang mempunyai nilai plus, jika di konsumsi dengan benar. Dianjurkan makan buah 20 -30 menit sebelum makan pagi di saat perut kosong , hal ini akan membantu tubuh untuk meyerap nutrisi penting dalam buah.  Kecuali untuk orang2 yg mempunyai penyakit tertentu misal ada gangguan pada lambung pastinya tidak di anjurkan makan buah atau minum jus buah sebelum makan. Alternatif lain adalah makan buah nya setelah makanan utama dengan jedah waktu 2-3 jam .

Minum jus buah sebelum makan jika di lakukan secara rutin bisa membuat badan lebih fresh dan keuntungan jangka panjang.. Saya mulai membiasakan anak2 untuk minum jus buah sebelum makan dan rutinitas pagi ini sudah memasuki tahun ke 4. Bukanlah hal yg mudah membuat /membiasakan anak2 makan buah dipagi hari , apalagi jus buah campur. Awalnya saya coba dengan jus jeruk (orange ) selama 1 minggu. Di minggu berikutnya saya selang seling, sehari buah campur besoknya jus jeruk seperti itu seterusnya . Sampai akhirnya 3 bulan kemudian mereka gak menolak jus apel campur tomat, atau apel, tomat , wortel dan jeruk . Ataupun campuran buah yg lain. Hasilnya cukup  terlihat , daya tahan tubuh anak2 cukup bagus .Terutama pada saat pergantian cuaca, ketika teman2 mereka batuk atau influensa , biasanya mereka tidak mudah tertular. Bukan berarti anak sy tidak pernah sakit :). Selain buah dan jus, saya menambahkan madu dan air lemon untuk rutinitas di pagi hari kami. khusus air lemon , spesial buat saya:). Dan yg lebih penting lagi  adalah konsistensi dalam membuat jus atau menyajikan buah itu sendiri, akhirnya kembali lagi tetap bersemangat :).





You Might Also Like

0 comments