Banana sour cream cupcakes

Sunday, April 08, 2012


Akhir2 ini suka ada sisa pisang buah di meja..mungkin dua krucil penikmat baking sedang bosan dengan buah pisang. Padahal selain meyehatkan pisang juga buah yg sangat praktis terutama buat ibunya :))....tanpa mengupas dan tanpa memotong.

Kali ini masih di buku yg sama "Cupcakes a fine selection of sweet treats'" by Murdoch. Cuppie ini berbeda ingredients nya dengan banana cupcakes yg sudah pernah di coba. Penggunaan sour cream dan dua sendok makan marple syrup membuat rasanya lebih yum dan yg jelas teksturnya moist dan soft . Untuk frosting nya kali ini menggunakan sedikit campuran madu...seperti biasa sy mengurangi takaran gulanya...too sweet :).

 Btw..sy jadi suka aroma berbagai macam cake yg bahan dasarnya pisang. Jika sudah mendekati waktu matang,   aroma yg keluar dari oven sangat menggoda sekali :D, khas pisang yg berpadu dengan butter dan bahan2 lainnya ( terutama butter...bahan ini membuat aroma berbagai cake menjadi harum :)  ).  Sy selalu menggunkan pisang yg kulitnya sudah bintik-bintik  menghitam karena   aromanya kuat dibanding yg masih fresh. Jadi kalau  sudah 2 hari sejak pisang itu di beli tidak berkurang jumlahnya...pertanda sy harus buka-buka ataupun googling resep aneka cake pisang...haha....
Anyway.."have a great weekend my friends"



Bahan :

185 unsulted butter , suhu ruang.
230 gr caster ( superfine) sugar
3   butir telur
310 gr self raising flour
1/2 tsp bicarbonate soda ( baking soda )
185 gr sour cream
2 tbs maple syrup
3 buah pisang yg matang , haluskan.

Honey cream icing ( frosting )

80 gr cream cheese, suhu ruang
50 gr unsulted butter, suhu ruang
1 1/2 tbs madu.
250 gr icing sugar, ayak.

Cara membuat :
* Panaskan oven hingga mencapai suhu 180'C.

* Kocok butter dan gula kurang lebih 5 -6 menit hingga mengembang.

* Tambahkan telur satu persatu sambil tetap di kocok ( sy menggunakan kecepatan rendah)

* Masukkan campuran tepung terigu dan soda. Tambahkan sour cream , maple syrup dan pisang. Aduk-aduk  hingga tercampur rata.

* Tuang kedalam cetakan yg sudah di alasi dengan paper cups . Panggang kurang lebih 15 menit atau sampai kecoklatan.

* Honey cream icing : Kocok  butter dan cheese cream hingga tercampur rata. Tambahkan madu dan icing sugar, kocok hingga lembut dan tercampur rata. 

 

You Might Also Like

0 comments