Lontong sayur

Monday, September 27, 2010

Harus ada menu yg satu ini, jika bertanya kenapa harus itu, jawabnya ini sudah tradisi :D. Berbicara soal tradisi masakan yg ada di meja di setiap lebaran ( baik idul fitri atau haji ), sebetulnya bukan kebiasaan di kampung sy berasal, lontong sayur dan makanan pendamping biasanya hadir setelah seminggu setelah lebaran menunya pun simple . Tidak seperti di Jakarta ,rumah ibu mertua, dan di rumah2 penduduk kota metripolitan , hidangan selalu tersaji di hari pertama lebaran dan biasanya terdiri dari beberapa macam masakan , salah satunya sayur kuah santan ini.

Setelah lewat beberapa tahun tinggal di Doha, serpertinya sudah mulai terbiasa membuatnya. Padahal asli bukan penyuka hidangan yg cenderung ke arah masakan Padang, lebih suka sayur2 bening dan lauk nabati:).
Utk sayur kuah santan ini ( tanpa resep lontong hehehe ...), bumbunya memakai resep sobat sayang yg biasanya di pakai membuat gulai daun singkong tetapi sudah di modifikasi sesuai dengan taste sy :).



Ingredients :

Pepaya muda, iris tipis, aduk dengan garam dan remas hingga layu cuci sampi benar2 bersih
Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Ketumbar
Merica
Kemiri
Jahe
Kunyit
Terasi secukupnya
Teri medan secukupnya

(Lengkuas, serai , salam dan daun jeruk )
Santan
Beberapa potong ayam .
Kacang panjang iris kecil.


Directions :

* Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas, serai , daun salam dan daun jeruk. Aduk2 hingga rata.

* Masukkan potongan ayam , aduk2 hingga kaku dan berubah warna.

* Masukkan pepaya iris, aduk2 hingga layu, tambahkan air lalu didihkan. Tambahkan santan kental lalu garam dan gula , kecilkan api . Masak hingga berminyak

* Tambahkan irisan kacang panjang , masak hingga matang.

( Note : Ukuran di sesuaikan dengan banyaknya bahan : ) )

You Might Also Like

0 comments